aditnanda

blog Detail

E-KTP Segera Terealisasi, Begini Cara Memilikinya

Kemendagri bakal realisasikan KTP digital, hal ini demi meminimalisir risiko hilangnya dokumen penting. Sebab dengan adanya KTP digital, dokumen kependudukan tak perlu lagi dicetak atau disimpan dalam dompet. Lantas bagaimana cara untuk membuat KTP digital dan juga apa persyaratan yang harus dipenuhi ?

Sebagaimana penuturan Zudan Arif Fakrulloh selaku Dirjen Dukcapil Kemendragi dalam video yang diunggahnya, syarat yang paling awal demi bisa mempunyai KTP digital adalah dengan mempunyai handphone, tak hanya memiliki handphone syarat lain juga harus dipenuhi oleh suatu daerah yaitu daerah tersebut haruslah memiliki jaringan internet dan masyarakatnya tidak gaptek (gagap teknologi). Lalu bagaimana dengan warga yang tidak memiliki handphone ? untuk warga yang tidak mempunyai handphone juga tidak perlu khawatir, menurut penuturan Zudan mereka akan tetap dilayani. Nantinya e-KTP mereka akan dicetak secara fisik.

"Untuk itu, Dukcapil tetap memberikan pelayanan pembuatan identitas digital ini secara bertahap. Yang belum punya handphone, belum ada jaringan, tetap kita layani dengan bentuk fisik dan pelayanan manual seperti sekarang ini," Tutur Zudan dalam video unggahannya di channel Youtube pribadinya, Jumat(7/1).

Zudan menegaskan untuk KTP digital akan dilakukan secara bertahap bagi warga yang tidak memiliki handphone ataupun jaringan internet. Dengan kata lain Dukcapil akan tetap melayani seluruh masyarakat di Indonesia tanpa terkecuali.

"Dukcapil tetap memberikan pelayanan pembuatan identitas digital ini secara bertahap. Yang belum punya handphone, belum ada jaringan, tetap kita layani dengan bentuk fisik dan pelayanan manual seperti sekarang ini," tambah Zudan.

Cara membuat KTP digital

Dilansir dari CNN Indonesia, cara untuk membuat KTP digital adalah sebagai berikut :

  1. Unduh aplikasi Identitas Digital (PPID Kemendagri) di ponsel. Sementara aplikasi baru tersedia untuk pengguna Android.
  2. Input Nomor Induk Kependudukan (NIK), alamat email, dan nomor ponsel
  3. Melakukan verifikasi data lewat face recognition atau verifikasi wajah
  4. Pemohon kemudian melakukan verifikasi email
  5. Setelah berhasil, kembali ke menu aplikasi ID dan login
  6. KTP digital tersedia di menu utama, beserta Kartu Keluarga (KK), NPWP, Kepemilikan Kendaraan, data Badan Kepegawaian Nasional (BKN), dan kartu vaksinasi Covid-19

Cara Penerapan KTP digital

Demi memaksimalkan pelayanan KTP digital, Dukcapil akan menerapkan dua jalur atau double track system service. Keduanya merupakan layanan digital dan layanan secara fisik manual. Tak hanya itu Kemendragi pun merilis aplikasi “Identitas Digital”. Aplikasi tersebut merupakan representasi penduduk dalam aplikasi yang melekat pada seseorang, yang terdaftar sebagai penduduk, juga untuk memastikan identitas tersebut merupakan identitas asli orang yang bersangkutan atau bukan.

Berdasarkan dari video Dirjen Dukcapil Kemendagri, berikut tata cara penerapan identitas digital :

  1. Untuk dapat menggunakan identitas digital, setelah melakukan instalasi aplikasi, penduduk harus melakukan registrasi dengan memasukkan NIK, alamat e-mail dan nomor handphone
  2. Kemudian akan dilakukan verifikasi data melalui face recognition
  3. Setelah itu dilakukan verifikasi e-mail agar dapat login ke aplikasi

Menu yang tersedia dalam aplikasi tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Data keluarga atau Kartu Keluarga (KK)
  2. Dokumen kependudukan seperti KTP digital
  3. Dokumen lain yang merupakan hasil integrasi NIK seperti NPWP, vaksin COVID-19, kepemilikan kendaraan hingga BKN

Aplikasi tersebut juga dapat menampilkan QR code digital, biodata dan histori aktivitas yang dilakukan. Dengan demikian, prosedur pembuatan KTP digital dapat dilakukan dengan mudah.

"Identitas digital bagi penduduk akan menjadikan pembuatan identitas lebih mudah, lebih cepat, lebih murah, hemat, dan efisien," ujarnya Zudan.

 

Sumber :

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6305545/mau-punya-ktp-digital-ini-syarat-dan-cara-daftarnya

 

Ingin tahu informasi dan berita menarik lainnya, silahkan kunjungi website kami yang lain di :

https://agus-hermanto.com/

 

Dan jangan lupa follow media sosial kami yang lain

Instagram          : fittechinova

linkedin              : https://www.linkedin.com/company/fti-global

Facebook           : Fit Tech Inova Global